Denpom IM/I Lhokseumawe Ajak Tertib Administrasi Kendaraan Prajurit TNI

author photoCj Laung
11 Mar 2019 - 19:53 WIB

LHOKSEUMAWE – Dalam meningkatkan tertib administrasi berkendara prajurit TNI dan PNS kendara dinas maupun pribadi, satuan Detasemen Polisi Militer I/IM Lhokseumawe lakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan, di Lapangan Jenderal Sudirman Korem 011/Lilawangsa, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Senin (11/3).

Pemeriksaan dilakukan personel Denpom IM/1 Lhokseumawe meliputi antara lain pengecekan kelayakan kelengkapan surat berkendara termasuk SIM dan STNK serta surat kelengkapan lainnya yang dipimpin langsung oleh Komandan Detasemen Polisi Militer (Denpom) IM/1 Lhokseumawe Letkol Cpm Suharto baik kendaraan dinas roda empat maupun roda dua pribadi prajurit TNI.

Komandan Detasemen Polisi Militer (Denpom) IM/I Lhokseumawe Letkol Cpm Suharto mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut oprasi Gaktib Waspada Wira Rencong dan Yustisi Citra Wira Rencong Denpom IM/I Lhokseumawe yang dibuka oleh Panglima yang serentak di seluruh Indonesia pada awal bulan Februari yang lalu.

Dandenpom menyebutkan, bahwa Ia sudah meminta izin kepada Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto, bahwa Polisi Militer Lhokseumawe akan melaksanakan penegakan Ankum disiplin dan tertib berkendara bagi prajurit baik dinas maupun kendaraan pribadi yang dimiliki TNI Korem 011/Lilawangsa dan Satuan Dinas Jawatan (Satdisjan) yang berada di Lhokseumawe.

Selain itu, Letkol Cpm Suharto mengungkapkan, pemeriksaan saat ini sifatnya masih preventif pencegahan, sedangkan awal bulan nantinya akan dilakukan referensi penindakan, katanya.

"Saat ini jika masih ada ditemukan yang belum lengkap, tindakannya kami catat dan diserahkan kepada hankum masing-masing, dalam hal ini yaitu kepada Komandan Korem, kita juga melibatkan dari personel Staf Intel dan Tim Intel tentunya didampingi Pasi Intel dan Dantim Intel Korem 011/Lilawangsa dalam membantu kegiatan ini dalam mengerakan personel khususnya Makorem dan jajaran termasuk di Makodim dan Batalyon", ujarnya.

Selanjutnya, Dandenpom menjelaskan, kegiatan pemeriksaan kelengkapan dilakukan bukan hanya kendaraan dinas saja, termasuk kendaran pribadi prajurit dan PNS. "kita cek kelayakan, layak jalan atau tidak, begitu juga kelengkapan Surat-suratnya lengkap atau tidak, termasuk SIM dan STNK dan sebagainya", jelasnya.

Selaku penegak hukum disiplin dan tatatertib membantu Komandan Korem maupun satuan, dengan harapan untuk mengurangi pelangaran, menekan pelangaran seminimal mungkin kalau bisa Zero (Tidak ada), pungkas Dandenpom. 

Usai dilakukan pemeriksaan, dilanjutkan kegiatan sosialisasi  Gaktib Waspada Wira Rencong dan Yustisi Citra Wira Rencong oleh Denpom IM/I Lhokseumawe, di Gedung KNPI Korem 011/Lilawangsa diikuti para Kasi dan Pasi Korem 011/LW, para Komandan Dinas Jawatan, para Perwira serta ratusan prajurit TNI dan PNS Makorem dan personel Satuan Dinas Jawatan.
KOMENTAR