Polda Aceh Peringati HUT Ke - 73 Korps Brimob Polri

author photoPutri Ulan Dari
14 Nov 2018 - 15:06 WIB

ATJEH NET, BANDA ACEH - Kepolisian Daerah Aceh, Rabu (14/11) pagi memperingati hut ke 73 Korps Brimob Polri tahun 2018 di lapangan Mapolda Aceh. 

Peringatan hut digelar dalam upacara yang dipimpin Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs.  Rio S. Djambak. 

Hadir dalam kegiatan itu Wali Nanggroe Tgk Malik Mahmud Alhaytar, Wakapolda, Pejabat TNI, unsur Forkopimda Aceh, Pejabat Utama Polda Aceh, Para Kapolres jajaran, Ketua PD Bhayangkari dan pengurusnya.

Selain itu juga hadir para sesepuh, Purnawirawan dan Warakawuri Korps Brimob Polri serta para undangan lainnya. 

Sementara itu, peserta upacara terdiri dari Personil Polri, Prajurit TNI dan PNS Polda Aceh.

Upacara peringatan hut tersebut diwarnai syukuran, atraksi dan hiburan lainnya. 

Kapolda dalam amanat tertulis Kapolri Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D mengatakan selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, dengan penuh rasa bangga saya mengucapkan selamat ulang tahun ke -73 Korps Brimob Polri, semoga brimob Polri semakin dicintai masyarakat dan senantiasa memberikan darmabakti terbaik kepada negara kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini, kata Kapolri. 

Melalui berbagai penugasan, brimob Polri telah menunjukkan kontribusi nyata yang bernilai penting bagi pemeliharaan stabilitas Kamtibmas di Indonesia, kata Kapolri. 

Dikatakannya, sebagai satuan elit Polri, brimob berhasil dalam mendukung pengamanan Pilkada serentak 2018 pada 171 wilayah, pengamanan operasi ketupat 2018, maupun berbagai event internasional seperti Asian Games 2018, Asian Para Games, dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018.

Brimob juga bergerak cepat dalam membantu penanganan korban bencana alam,  baik di Nusa Tenggara Barat maupun pada bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tengah, sehingga proses evakuasi bisa berjalan dengan cukup baik, termasuk dalam penanganan pasca kejadian, kata Kapolri. 

Saya juga mengapresiasi peran serta brimob dalam mendukung terlaksananya operasi penegakan hukum terhadap jaringan terorisme di Sulawesi Tengah dan kelompok kriminal bersenjata di Papua, serta pengamanan berbagai aksi unjuk rasa dengan jumlah massa yang besar. Demikian pula dengan torehan prestasi para personel brimob di berbagai event kejuaraan menembak dan penugasan lain di luar negeri, kata Kapolri. 

Eksistensi yang telah ditunjukkan satuan brimob, turut memberikan point positif dalam upaya institusi Polri untuk terus meningkatkan kepercayaan publik. Sebagaimana telah saya utarakan, bahwa selaku Pimpinan Polri saya sangat mengharapkan dukungan penuh para personel brimob, untuk mendukung tugas-tugas penting yang dibebankan kepada Polri, kata Kapolri. 

Implementasi dari program kebijakan promoter telah berjalan dengan baik, termasuk yang dilakukan oleh personel brimob utamanya dalam peran dan tugas penanggulangan gangguan kamtibmas berintensitas tinggi, kata Kapolri. 

Pada kesempatan ini pula saya mengingatkan tentang berbagai tantangan tugas ke depan yang segera kita hadapi, antara lain pelaksanaan operasi lilin 2018, serta pengamanan tahapan pemilu tahun 2019 yang saat ini tengah berlangsung, kata Kapolri. 

Pemilu 2019 memilki karakteristik dan potensi kerawanan yang khas karena antara Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan, sehingga berpotensi menimbulkan kompleksitas dalam tahap pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara, kata Kapolri. 

Seluruh agenda nasional tersebut harus terselenggara secara aman, lancar, dan damai. Sebagaimana tema yang diangkat dalam peringatan hari ulang tahun ke 73 Korps Brimob Polri tahun 2018, yaitu" Korps Brimob Polri yang Promoter siap mengamankan agenda kamtibmas tahun 2018 dan 2019," kata Kapolri. 

Kapolda Aceh bersama jajaran juga adakan syukuran pemotongan tumpeng dan kue diberikan kepada Kasat Brimob Polda Aceh Kombes Pol. Suheru S.I.K.
KOMENTAR