Abi Nas Bakar Semangat Ribuan Santri Pada Penutupan Acara Muharram

BIREUEN -- Tgk Nasruddin Judon atau sering disapa Abi Nas Jeunieb pada penutupan acara perlombaan antar santri Dayah Babussalam Al. Aziziyah Jeunieb. Memberikan semagat tausiah para santri, acara dipusatkan dihalaman Dayah setempat, jumat (28-09-2018) malam.

Acara perlombaan antar santri Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb ditutup dengan tausiah bersama Tgk Nasruddin Judon yang disapa Abi Nas Jeunieb.

Dihadapan ribuan santri dan masyarakat yang mengikuti acara ini Abi Nas memberikan motivasi belajar bagi para santri yang sedang mondok, Abi Nas menceritakan proses awal mula berdirinya dayah ini, ketika itu dirinya hanya bermodalkan 21 orang santri yang menjadi cikal bakal berdirinya dayah ini, saat ini mereka sudah menjadi guru besar, salah satunya Tgk. Ihsan Ketua Umum Dayah ini.

Tgk Nasruddin Judon pimpinan Dayah Dhiaul Haq Al Aziziyah Jeunieb mempersilahkan santri untuk mengacungkan jempol yang merasa orang tuanya PNS, Pengusaha/pedagang dan petani, para santri terlihat 10 persen yang menunjukkan 2 katagori tersebut, sementara 80 persen dari Santri adalah anak petani. 

"Hari ini bukan kita ingin menunjukkan diri kita dari kalangan orang-orang miskin, akan tetapi ingin menunjukkan yang memperjuangkan agama Allah datangnya dari kalangan orang-orang miskin harta seperti pada masa awal perjuangan nabi, walaupun ada satu atau dua orang-orang kaya tetapi hanya minoritas" terangnya. 

Ketua Panitia PHBI  Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb Tgk. Ahmad Zaini Dahlan menyampaikan sambutannya disela-sela acara berlangsung. Mengatakan acara ini kita adakan setiap tahun menjelang akhir ujian semester, 

kali ini kita perlombakan cabang fahmil Qiaratul Qutub yaitu lomba baca kitab matan taqrib, Ianatutthalibin, Al Bajuri dan Mahalli. Cabang Hafid, yaitu Hafiz Al Qur'an 10 Juz, hafiz kitab matan Al Jarumiah, matan Jauharah dan matan Sulam Al Munawar. Cabang fahmil Qutub (cerdas cermat), dan Yang terakhir adalah cabang Pidato tingkat Tsanawiyah dan Aliyah, dengan total hadiah 10 juta.

Acara dimulai tgl 21-28 September 2018 turut disiarkan langsung oleh Radio Yadara FM 92.8 MHz dan Live Streaming Fun Page Facebook Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb milik Tu Sop itu. (MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru